Kamis, 27 Oktober 2016

PRAKTIKUM PEKAN 3 KL2105 BAHAN BANGUNAN LAUT


Pada pertemuan sebelumnya kami telah membuat rancangan campuran beton dan beton yang dibuatpun berjumlah 5 buah beton. Pada pertemuan kali ini kamis, 27 Oktober 2016 kita akan melakukan uji kuat beton pada umur 7 hari. Sebelum melakukan  uji kuat tekan beton ini , sehari sebelumnya sudah dilakukan proses curing pada beton yang akan di uji. Jumlah beton yang diuji sebanyak 2 buah beton.
Uji kuat beton sendiri dilakukan dengan tujuan untuk menentukan kekuatan beton, pada kali ini beton dengan bentuk silinder. Kekuatan beton adalah perbandingan beban terhadap luas penampang beton. Berikut adalah prosedurnya
  1. Ambil 2 buah beton dengan umur 7 hari sebagai bahan uji cobanya dan timbang beratnya. 
  2. Kemudian lakukan proses caping pada beton yang akan diuji. Caping merupakan proses pemberian lapisan belerang pada permukaan beton yang akan diuji. Tujuan dari caping sendiri adalah agar permukaan beton rata sehingga beban dapat terdistribusi ke permukaan beton secara merata.
  3. Selanjutnya  letakkan beton kedalam alat pengujinya yaitu UTM (Universal Testing Machine). Pada prosesnya UTM akan memberikan beban tekanan kepada beton dan besarnya beban tekanan terssebut dalam dilihat melalui jarum pada mesin yang menunjukkan skala tertentu.
  4. Terakhir setelah uji tekan selesai dan beton mengalami pengurangan berat serta bentuk, timbang berat beton akhir pasca uji kuat tekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar